loading...
IP

Monday, October 3, 2016

INTERNET VPN





Jaringan Komputer Adalah Kumpulan Komputer Yang Terhubung Secara Fisik Dan Dapat Berkomunikasi Satu Dengan Yang Lainnya Dengan Menggunakan Aturan ( Protocol ) Tertentu . Mengelola Jaringan Yang Hanya Terdiri Dari Beberapa Komputer ( Host ) Merupakan Pekerjaan Mudah , Namun Jika Jaringan Tersebut Berkembang dan Memiliki Ratusan Bahkan Ribuan Host, Maka mengelola Jaringan Akan Menjali Mimpi Buruk Bagi Setiap Pengelola jaringan ( Administaror Jaringan )

Belum Lagi Jika Jaringan Tersebut Menggunakan Teknologi Yang Berbeda-Beda , Misal Nya Ada Host Yang Harus Di Gunakan Oleh Pengguna Umum ( Publik User ) Dan Beberapa Host Lainnya Hanya Bisa Di Gunakan Pengguna internal ( Private User )

Pekerjaan Mengelola Jaringan Juga Akan Bertambah Buruk Jika Letak Ratusan Host Tersebut Tersebar Di Beberapa Gedung Ataupun Terletak Di Beberapa Kota Untuk jaringan Dengan Sekala yang Lebih Luas . Semua Itu Membuat Perusahaan Akan Semakin Sulit Untuk Mengatur Jariangannya , Dan Selalu Berfikir Bagai Mana Cara Yang Paling Efektif Untuk Mengendalikan Jaringan Tersebut .

Untuk Mempermudah Mengelola Jaringan Dengan Sekala Yang Lebih Luas Tersebut Maka Jaringan ( Network ) , Itu Harud Di Pisahkan Menjadi Beberapa Jaringan Kecil .

Mengatur Benerapa Jaringan Kecil Yang Penguninya Hanya Puluhan Host Tentu Akan Lebih Mudah Dari Pada Mengatur Sebuah Jaringan Besar Yang Berisi Ratusan Bahkan Ratusan  Atau Ribuan Host.
Dalam  Proposal Ini , Teknik Memisakan Jaringan Ini Dapat Di Implementasikan Untuk Jaringan Local Antar Kota Atau Dengan Kata Lain Jaringan Metrolan Antar Gedung , Penerapan Metrolan Bersamaan Dengan Penerapan Protokol Virtual Private Network ( VPN ) .

Pembangunan System Informasi VPN Di Susun Dengan Maksud Dan Tujuan Sebagai Berikut :


  • Kemampuan Membentuk Jaringan LAN Yang Tidak Di Batasi Tempat Dan Waktu Karena Koneksitasnya Di Lakukan Via Internet . Koneksi Internet Apapun Dapat Di Gunakan  Seperti Dial Up , ADSL , CABLE MODEM , WIFI , 3G , CDMA NET , GPRS .
  • Bisa Di Gunakan Untuk Penggunaan Sesuatu Data Base Terpusat Untuk Mengkomunikasikan antara Server Dan Client Via Internet Seperti Aplikasi Perdagangan , Purchase , P.O.S Accounting , Casier , Billing System , General Ledger , Remote Web Camera DLL ...
  • Pimpinan Dengan Cepat Dan Tepat Mengambil Keputusan Yang Akan Di Ambil Karena Pimpinan Perusahaan Di Manapun Bisa Mengakses System Keuangan , Purchaseing Kantor Karena Notebook Yang Di Gunakan Terhubung langsung Ke system Data Base Perusahaan melalui Koneksi VPN Server .
  • Mensupport Unlimited Jumlah Server Dan Clien Yang Berada Di Belakang Router Server Secara Silmutant
  • Dimana Pun Berada Dapat Melakukan Koneksitas Dengan PC Di Kantor Misalnya Dengan Memanfaatkan Software Yang bekerja Di jaringan LAN Seperti Citrix , Windows Terminal Server , VNC , Radmin , VOIP , Dan lain Sebangainya .
  • Jika Perusaan Ingin Mengoptimalkan Biaya Untuk Membangun Jaringan Yang lebih Luas , System Ini Dapat Di Gunakan Sebagai Teknologi Altenatif Untuk Menghubungkan Jaringan Lokal Dengan Biaya Yang relatif Kecil , Karena Transmisi Data Teknologinya Menggunakan Media Jaringan PublikYang Sudah Ada Tanpa Perlu Lagi Mengeluarkan Biaya Bulanan .
  • Jangkauan Jarian Lokal Yang Di Miliki Suatu Perusaaan Akan Menjadi Luas Sehingga Perusaaan Dapat Mengembangkan Bisnisnya Di Daerah Lain . Waktu Yang Di Butuhkan Untuk Menggubungakan Jaringan Local Ketempat lain Juga Semakin Cepat , Karena Proses Instalasi , Infrastruktur Jaringan Di Lakukan Dari Perusahaan Atau Kantor Cabang Yang Baru, Dengan ISP Terdekat Di Daerahnya . Penggunaan VPN  Secara Tidak Langsung Akan Meningkatkan Efektifitas Dan Efesiensi Kerja .
  • Penggunaan VPN Dapat Mengurangi Biaya Operasional Bila Di Bandingkan Dengan Penggunaan LEASED LINE Sebagai Cara Tradisional Untuk Mengimplementasikan WAN .
  • Dapat menggurangi Biaya Pembuatan Jaringan Karena Tidak Membutuhkan Kable ( LEASED LINE ) Yang Panjang . Penggunan Kabel Yang Panjang Akan Membutukan Biaya Produksi Yang Sangat Besar . Semakin Jauh Jarak yang Di Inginkan ,  Semakin Meningkat Pula Biaya Produksinya .
  • Menggunakan Internet Sebagai Media Komunikasinya , Perusahaan Hanya Membutuhkan Biaya Dalam Jumlah Yang Relatif Kecil Untuk Menghubungkan Perusahaan Tersebut Dengan Pihak ISP ( Internet Sevice Provider ) Terdekat .
  • Memberi Kemudahan Untuk Di Akses Dari Mana Saja Sehingga Pegawai Yang Mobile Dapat Mengakses Jaringan Khusus Prusahaaan Di Mana Pun Berapa . Selama Bisa Mendapatkan Akses Intenet Ke ISP terdekat , Staff Prusahaan Tetap Dapat Melakukan Koneksi Dengan Jaringan Khusus Perusaahan .
Write : Tryandhika / Aldhi R


No comments:

Post a Comment

Blogger news